Rabu, 16 Mei 2012

Kerikil Hidup

Pernahkan kamu mempunyai masalah dalam menjalani aktifitas sehari-hari? terhadap kerjaan, tanggung jawab, atau mungkin interaksi sosial ?

Bicara tentang masalah pasti tak lepas dengan bicara untuk menyelesaikannya. Hidup memang tak seindah taman bunga yang tampak dari atas dia terlihat indah, padahal di dalamnya para tumbuhan itu berjuang hidup dengan berebut makanan di dalam tanah untuk membuat dirinya agar tetap hidup dan mengeluarkan keindahannya untuk dapat makhluk lain nikmati. Tidak semulus jalan tol yang di tengah perjalanan terdapat kerikil-kerikil kecil yang terkadang dapat mengakibatkan kecelakaan besar bagi para penggunanya. Nah, begitulah ilustrasi tentang roda kehidupan yang tidak selamanya berjalan mulus. Tiap makhluk hidup pasti tak lepas dari masalah, masalah yang membelenggu kegiatan kita. Baik masalah kecil ataupun masalah besar, semua itu bisa menjadi pengganggu hidup atau pun sebagai tantangan hidup. Semua itu tergantung dari masing-masing kita menyikapinya.

Bagi seseorang yang bijak masalah merupakan tantangan hidup, merupakan proses pendewasaan diri, dimana kondisi membuat kita untuk berpikir. Semoga saja dalam berpikir itu akan keluar pikiran-pikiran bijak yang tidak membuat masalah itu semakin luas. Menurut Richard Carlson masalah adalah tempat terbaik untuk berlatih agar hati tetap terbuka karena masalah adalah bagian dari kehidupan kita. Jadi tidak perlu takut jika masalah mendekati kita, karena masalah memang melekat pada kita. Bukan parasit melainkan batu lompatan untuk kita berpikir menuju kedewasaan.

Dan ketika ada sebuah rasa bersalah membuat jiwa anda terbelenggu maka bicarakanlah maka rasa itu akan pergi. Seperti halnya lagi jalan tol, jika pengguna membicarakannya ke dinas kebersihan jalan tol maka kerikil-kerikil itu akan dibersihkan dari jalanan yang mulus itu. Jadi janganlah kita memendam masalah-masalah yang ada dibicarakan jika anda tak mampu lagi menyimpannya, agar tidak menjadi pengahalang besar anda dalam menjalani keseharian ini. Tetap menatap kedepan, jalani dan hadapi masalah itu, dan hujan pun akan menyapu debu-debu itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar